You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Jelaskan Beda Teori Air Laut dan Sungai
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

LRT Gunakan Rel Standar

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan Presiden Joko Widodo telah memutuskan semua pembangunan Light Rail Transit (LRT) menggunakan tipe standar. Keputusan tersebut diambil dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Presiden.

Presiden sudah tegaskan bahwa pembahasan nggak boleh mundur. Terus presiden sudah putusin semua pakai yang standar

"Pak Jonan (Menteri Perhubungan) minta keputusan harus ada di Pak Presiden. Nah Presiden sudah tegaskan bahwa pembahasan nggak boleh mundur. Terus presiden sudah putusin semua pakai yang standar," kata Basuki di Balai Kota, Rabu (8/6).

Usai keputusan tersebut tidak ada lagi kendala dalam pembangunan LRT. Sehingga transportasi berbasis rel ini bisa segera dibangun. Rencananya pembangunan akan dimulai pada tanggal 22 Juni, betepatan dengan hari jadi Kota Jakarta ke-489 tahun.

Banyak Investor Tertarik Biayai LRT

Sementara untuk LRT yang melintasi Jabodetabek, pembangunannya tetap akan ditanggung menggunakan APBN. Namun jika nantinya akan diberikan public service obligation (PSO) atau subsidi bagi penumpang dan akan dioperasikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Yang untuk lintas provinsi, itu APBN. Jadi mirip-mirip MRT lah, tapi nanti kalau ada PSO DKI yang mengoperasikan. Konsepnya mirip bus, sekarang kan bus PSO kami nih. Orang dari Tangerang, Depok, Bekasi, masuk cuma Rp 3.500," ujarnya.

Untuk memberikan PSO, Basuki akan melakukan subsidi silang dengan penerapan sistem electronic road pricing (ERP). "Makanya duit dari ERP nanti untuk subsidi. Duit ERP semua akan dimasukan untuk PSO," tegasnya.

Dia menambahkan saat ini tinggal menunggu revisi peraturan presiden (Perpres) nomor 99 tahun 2015, mengenai penunjukan langsung kepada BUMD. Setelanh Perpres ditandatangani pembangunan bisa berlanjut. "Perpres lagi mau direvisi. Sudah oke juga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito